Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Pendaftaran Online Dibanding Sistem Pendaftaran Onsite di RSUD Pandan Arang Boyolali Analysis Of Patient Satisfaction On Online Registration System Compared To Onsite Registration Systemat Pandan Arang Boyolali H

Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Pendaftaran Online Dibanding Sistem Pendaftaran Onsite di RSUD Pandan Arang Boyolali Analysis Of Patient Satisfaction On Online Registration System Compared To Onsite Registration Systemat Pandan Arang Boyolali Hospital

Authors

  • Nur’aini Uswatun Chasanah RSUD Pandan Arang Boyolali
  • Trismianto Asmo Sutrisno STIKes Mitra Husada Karanganyar
  • Astri Sri Wariyanti STIKes Mitra Husada Karanganyar

DOI:

https://doi.org/10.54877/ijhim.v4i2.123

Keywords:

Kepuasan, SistemPendaftaran, Online, Onsite

Abstract

Latar Belakang. Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang Boyolali merupakan rumah sakit rujukan type B dengan rata-rata kunjungan pasien 250 per hari. Tergolong padat di setiap harinya.  Pada tahun 2019 di RSUD Pandan Arang Boyolali telah menerapkan sistem pendaftaran secara online yang diberi nama aplikasi BAPER ( Booking Antrian Periksa ), yang dapat diakses dari rumah oleh pasien, sistem pendaftaran online ini ditujukan untuk meningkatkan mutu pelayanan di rawat jalan, akan tetapi sistem tersebut masih memiliki banyak kendala. Tujuan Mengetahui Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Pendaftaran Online Dibanding Sistem Pendaftaran Onsite di RSUD Pandan Arang Boyolali

Metode Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah komparatif. Populasi dalam penelitian adalah pasien rawat jalan yang berkunjung pada bulan November 2022 sebanyak 1.034. Teknik sampling purposive sampling. Analisa data chi square. Hasil Gambaran kepuasan pasien terhadap system pendaftaran online Sebagian besarpuassebanyak 24 responden (52,2%) Gambaran kepuasan pasien terhadap system pendaftaran onsite Sebagian besar cukup puas sebanyak 23 responden (50%). Kesimpulan. Ada perbedaan kepuasan antara sistem pendaftaran online dan onsite dengan nilai p value = 0,008

References

Adrianti, H. (2019) ‘Peer Review Pengaruh Faktor End User Computing Satisfaction (Eucs) Terhadap Manfaat Nyata Pengguna Sistem Informasi Elektronik (E-Puskesmas) Di Puskesmas Sawah Besar Jakarta’, Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, 6(2), pp. 63–69.

Arikunto, S. (2013) Prosedur Penelitian (suatu pendekatan praktik). Jakarta: PT Rineka Cipta.

BPPSDMK (2017) Bahan Ajar RMIK: Manajemen Informasi Kesehatan II. Jakarta: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Fitriansyah, A. and Harris, I. (2018) ‘Penerapan Dimensi EUCS (End User Computing Satisfaction) Untuk Mengevaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Situs Web’, Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018, 6, pp. 9–17. Available at: http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/knsi2018/article/view/334.

Gerson, R. F. (2004) Mengukur Kepuasan Pelanggan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Hartanto (2017) Metodologi Penelitian: Perbedaan Skala Likert Lima Skala dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala.

Notoadmodjo, S. (2018) Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan Ke. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Pratiwi, K. G., Sjahruddin and Nursanti, A. (2014) ‘Analisis Mutu Pelayanan Rumah Sakit dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Ibu & Anak (RSIA) Andini di Pekanbaru’, (OKTOBER), p. 1. Available at: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFEKON/issue/view/247.

Putra, D. S. H. and Kurniawati, R. (2019) ‘Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM) di Rumah Sakit X’, J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, 1(1), pp. 31–36. doi: 10.25047/j-remi.v1i1.1933.

Republik Indonesia, P. P. (2016) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2016 tentang Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Statistik, B. P. (2022) Badan Pusat Statistik. Available at: https://www.bps.go.id.

Sugiyono (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Supriyanto, Y. and Soesanto, H. (2012) ‘Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Kariadi Semarang’, Diponegoro Journal of Management, 1, pp. 472–480. Available at: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr%0AANALISIS.

Syahrullah, Ngemba, H. R. and Hendra, S. (2016) ‘Evaluasi EMR Menggunakan Model EUCS’, Yogyakarta: Semnasteknomedia, pp. 73–78.

Tjiptono, F. and Chandra (2011) Service, Quality, and Satisfaction. 3rd edn.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Uswatun Chasanah, N., Asmo Sutrisno, T., & Sri Wariyanti, A. (2024). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Pendaftaran Online Dibanding Sistem Pendaftaran Onsite di RSUD Pandan Arang Boyolali Analysis Of Patient Satisfaction On Online Registration System Compared To Onsite Registration Systemat Pandan Arang Boyolali H: Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Pendaftaran Online Dibanding Sistem Pendaftaran Onsite di RSUD Pandan Arang Boyolali Analysis Of Patient Satisfaction On Online Registration System Compared To Onsite Registration Systemat Pandan Arang Boyolali Hospital. Indonesian Journal of Health Information Management , 4(2). https://doi.org/10.54877/ijhim.v4i2.123

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.