ANALISIS PERBEDAAN KECEPATAN PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN PADA METODE PENDAFTARAN ONSITE DAN ONLINE DI RUMAH SAKIT JASA KARTINI TASIKMALAYA

Authors

  • Widya Nadiroh Trisnasari STIKes Mitra Husada Kaeanganyar
  • Sri Sugiarsi, SKM, M.Kes STIKes Mitra Husada Karanganyar
  • Trismianto Asmo Sutrisno, ST, M.Kom STIKes Mitra Husada Karanganyar

DOI:

https://doi.org/10.54877/ijhim.v4i1.122

Keywords:

Kecepatan, pendaftaran pasien rawat jalan metode onsite dan metode online

Abstract

Kecepatan pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan pada metode onsite adalah 15
menit, sedangkan pada metode online yaitu 10 menit dari 10 pasien yang telah diobservasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan,
mengetahui kecepatan pelayanan pendaftaran pasien pada metode onsite dan metode online
serta mengetahui perbedaan kecepatan pelayanan pendaftaran pasien pada metode onsite
dan metode online. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan menggunakan
pendekatan komparatif. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya pada bulan
Desember 2022. Populasi berjumlah 11.505 pasien.dan sampel 110 pada masing-masing metode
pendaftaran. Penentuan besar sampel dilakukan dengan mengambil rumus lemeshow dan
pengambilan sampel dilakukan secara sistematis random sampling. Cara pengumpulan
data dengan pedoman observasi dengan alat ukur stopwatch. Analisis data penelitian
dengan analisis univariat dan alanisis bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian
ditemukan rata-rata kecepatan metode onsite yaitu 13 menit 91 detik dengan kategori tidak
cepat sebanyak 70 (63,6%) dan kategori cepat sebanyak 40 (36,4%) sedangkan rata-rata
kecepatan metode online yaitu 9 menit 2 detik dengan kategori tidak cepat sebanyak 33
(30%) dan kategori cepat sebanyak 77 (70%) bahwa ada perbedaan kecepatan pelayanan
pendaftaran pada metode onsite dan metode online pada nilai p= 0,0001(≤0,05) dengan
selisih waktu 4 menit 71 detik;

References

Denyka, Y. 2021. Dampak Implementasi Program Pendaftaran Daring untuk Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Dr.Oen Solo Baru. Solo Baru : KARS. The Journal of Hospital Accreditation, Vol. 4 No 02, (Http://jha.mutupelayanankesehatan.net/), diunduh 5 Desember 2022.

Dewi. 2015. Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran dengan Kepuasan Pasien di TPPRJ RSUD Sukoharjo. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. UMS Library, Http://eprints.ums.ac.id/), diunduh 3 Desember 2022.

Keputusan Menteri kesehatan Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 24/ KEP/M.PAN/2/2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Nur Jannah, A. 2016. Hubungan Kecepatan Waktu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut. Jember : Universitas Jember. Repository Universitas Jember, (Https://repository.unej.ac.id/), diunduh 4 Desember 2022.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2021 Tentang Rumah Sakit.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2013 Tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit.

Ponjtowiyono, D. 2012. Analisis Sistem Pendaftaran Online di Rumah Sakit. Yogyakarta : Institut Ilmu Kesehatan STRADA. Journal of Hospital Managemen and Service, Vol.2 No.1, (Http://thejhms.org), diunduh 2 Desember 2022.

Putri. 2013. Hubungan Kecepatan Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan dengan Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta. UMS Library, (Http://eprints.ums.ac.id/), diunduh 7 Desember 2022.

Shofari, B. (2004). Perhimpunan Profesional Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia. “Pengelolaan Sistem Rekam Medis 01 Jilid 2”. Semarang.

Shofiana , N.2019. Analisis P roses Pelayanan Pendaftaran Pasien di Puskesmas Jatisrono I Kabupaten Wonogiri. Wonogiri : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol 7 No 01, (Http://ejournal3.undip.ac.id/), diunduh 6 Desember 2022.

Undang –Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Nadiroh Trisnasari, W., Sri Sugiarsi, SKM, M.Kes, & Trismianto Asmo Sutrisno, ST, M.Kom. (2024). ANALISIS PERBEDAAN KECEPATAN PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN PADA METODE PENDAFTARAN ONSITE DAN ONLINE DI RUMAH SAKIT JASA KARTINI TASIKMALAYA. Indonesian Journal of Health Information Management , 4(1). https://doi.org/10.54877/ijhim.v4i1.122

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.