Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Dan Pasien Non BPJS Terhadap Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di RSU Indo Sehat Kebakkramat

Authors

  • Febriyani Fauzi Marfuah STIKes Mitra Husada Karanganyar
  • Astri Sri Wariyanti STIKes Mitra Husada Karanganyar
  • Trismianto Asmo Sutrisno STIKes Mitra Husada Karanganyar

DOI:

https://doi.org/10.54877/ijhim.v3i1.94

Abstract

Rumah Sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang kompleks dituntut untuk memberikan pelayanan dan informasi kesehatan yang tepat dan berusaha memenuhi segala aspek mutu kesehatan dengan selalu memberikan pelayanan sebaik mungkin dan memberikan jaminan kesehatan berupa BPJS kesehatan. Tingkat kepuasan pasien dianggap sebagai salah satu dimensi yang sangat penting, berkualitas dan merupakan salah satu indikator utama dari standar suatu fasilitas kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kepuasan pasien BPJS dan non BPJS terhadap pelayanan pendaftaran rawat jalan di Rumah Sakit Umum Indo Sehat Kebakkramat. Jenis penelitian ini adalah survei analitik. Populasi yang digunakan adalah pasien rawat jalan pasien BPJS dan pasien non BPJS yang terdaftar mendapat pelayanan di rumah sakit. Cara pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan uji Chi Square Test. Dari penelitian tersebut diketahui kepuasan pasien BPJS sebesar 76,7% dan kepuasan pasien non BPJS sebesar 60%. Hasil penelitian didapat nilai p-value 0,259 (p>0,05) yang artinya tidak  ada perbedaan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan tingkat kepuasan pasien BPJS dan pasien non BPJS terhadap pelayanan pendaftaran rawat jalan di RSU Indo Sehat Kebakkramat. Saran Kepuasan Pasien BPJS dan non BPJS di RSU Indo Sehat Kebakkramat perlu dipertahankan dan terus ditingkatkan.

Downloads

Published

2023-02-13

How to Cite

Febriyani Fauzi Marfuah, Wariyanti, A. S., & Sutrisno, T. A. (2023). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Dan Pasien Non BPJS Terhadap Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di RSU Indo Sehat Kebakkramat. Indonesian Journal of Health Information Management , 3(1). https://doi.org/10.54877/ijhim.v3i1.94

Issue

Section

Articles