an Analysis of the Relationship Satisfaction Index and Interest of Patient Re-visits at UPTD Puskesmas Menden
Analisis Hubungan Indeks Kepuasan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien di UPTD Puskesmas Menden
DOI:
https://doi.org/10.54877/ijhim.v4i1.169Keywords:
kepuasan pasien, indeks kepuasan pasien, minat, minat kunjungan ulangAbstract
Pendahuluan : Kepuasan pasien adalah harapan pasien yang ditimbul sebagai akibat dari dalam upaya melakukan peningkatan kualitas mutu pelayanan kesehatan sedangkan Minat kunjungan ulang merupakan perilaku yang muncul sebagai respon terhadap objek yang menunjukkan keinginan untuk menggunakan layanan kembali dari fasilitas kesehatan dikemudian hari. Berdasarkan data awal Survei indeks kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Menden dilaksanakan pada tahun 2022 dengan indeks kepuasan sebesar 83.34% masih terdapat pasien yang tidak puas. 3 (tiga) dari 5 (lima) pengunjung menyatakan tidak minat berkunjung ulang. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Indeks Kepuasan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien di UPTD Puskesmas Menden. Metode : Jenis penelitian adalah kuantitatif melalui pendekatan observasional analitik. Menggunakan rancangan Cross Sectional dengan jumlah sampel 103 responden dengan uji Statistik Chi Square. Hasil : p-value sebesar 0.001 < nilai α (alpha) = 0.05, Maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan yang signifikan antara Indeks kepuasan dengan minat kunjungan ulang pasien di UPTD Puskesmas Menden. Saran : Perlu adanya tindak lanjut unsur pelayanan terendah waktu pelayanan, kualitas sarana prasarana dan produk pelayanan serta puskesmas dituntut mampu berinovasi terutama mengenai lintas program pengendalian penyakit kronis untuk mempermudah pelayanan serta menarik minat pasien guna pemantauan kesehatan secara berkesinambungan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Iklas setyawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.