Evaluasi Kepuasan Pengguna Pendaftaran Online Melalui Website Dengan Penerapan Metode EUCS di Rs Roemani Muhammadiyah Semarang

Evaluasi Pendaftaran Online Melalui Website

Authors

  • Alfian Listya Nugrahaini HP Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54877/ijhim.v4i2.175

Abstract

Abstrak

 

Pendaftaran rawat jalan online melalui website telah menjadi bagian penting dalam layanan kesehatan, memfasilitasi pasien untuk melakukan pendaftaran dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pengguna terhadap sistem pendaftaran rawat jalan online di RS Roemani Muhammadiyah Semarang menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna merasa puas dengan isi konten yang disajikan melalui website pendaftaran rawat jalan, namun terdapat kekhawatiran terkait keakuratan data yang dimasukkan ke dalam sistem. Pengguna juga merasa puas dengan tata letak dan desain umum website, meskipun ada beberapa keluhan terkait pemilihan warna yang kurang menarik. Secara umum, pengguna merasa sistem ini mudah digunakan, namun masih ada kebutuhan untuk meningkatkan integrasi sistem secara real-time untuk memastikan kepuasan pengguna yang lebih baik terutama dalam hal ketepatan waktu.  Rekomendasi untuk meningkatkan sistem pendaftaran rawat jalan online meliputi perbaikan dalam keakuratan data, peningkatan tampilan dan format website, pengembangan aplikasi mobile pendukung, serta integrasi sistem dengan SIM RS rumah sakit. Dengan demikian, RS Roemani Muhammadiyah Semarang dapat terus meningkatkan kualitas layanan pendaftaran rawat jalan online dan memenuhi harapan pengguna secara lebih baik.

References

Abas, W. (2013). Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Website Universitas Negeri Yogyakarta (Uny). Yogyakarta : Manajemen, 1–6. Yogyakarta:

Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction. MIS Quarterly..pdf. In MIS Quarterly (pp. 5–10).

Fitriansyah , A. & Harris, I. (2018).Pengukuran kepuasan pengguna situs web dengan metode end user computing satisfaction (eucs). Query: Journal of Information Systems 2, 1 pp. 1–8, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/query/article/view/1552

Hatta, G. R. (2015). Rekam Medis.jakarta: Universitas Indonesia.

Kartika, B.N.R, Kawab, C.P., Hamdani, J & Listiyawati. (2021). Penerapan Metode EUCS untuk mengevaluasi kepuasan pengguna aplikasi Pendaftaran Rawat Jalan Tanpa Antri (SiPoetri) di RSUD Dr Iskak Tulungagung. Jember : Politeknik Sudra, (2013). Rekam Medis. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Widayanti, M. W. (2012). Analisis Antrian di Tempat Pendaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang Tahun 2012. Rekam Medis, 7(2). Semarang: Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Lemeshow S, Hosmer J, Klar J, Lwanga S.K.(2010). Besar Sampel Penelitian kesehatan (Terjemahan). Yogyakarta : UGM Press. pp:21-26.

Sevtiyani, I. & Fatikasari, F. (2020) Pengaruh kepuasan pengguna sistem Digital Government Service (DGS) dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Puskesmas Banguntapan II.

Sudra, (2013). Rekam Medis. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Notoatmojo, Soekidjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Maharami, I. (2012). Sejarah Universitas Esa Unggul. Esa Unggul, 1–13. https://www.esaunggul.ac.id/overview/. Jakarta : Universitas Esa Unggul

Permenkes RI (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis. Jakarta: Kemenkes RI. Jakarta.

Permenkes RI (2008). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Kemenkes RI. Jakarta.

Richard L. Oliver (1997) dalam buku berjudul “satisfaction: A Behavioral Perspective on the customer”. NewYork: McGraw-Hill

Sabdana, I. W. G. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Rumah Sakit (Sirs) Jiwa Propinsi Bali Dengan Metode End-User Computing Satisfaction (Eucs). Jurnal Ilmu Komputer Indonesia, 4(1), 3–4. Bali : Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja

Saputra, A & Kurniadi, D. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika vol. Vol. 7, pp. 59–66, Accessed: May 23, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index

Torry, T., Koeswo, M., & Sujianto. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Kesehatan kaitannya dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Klinik penyakit dalam RSUD Dr. Iskak. Malang: Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 44 (2009). Rumah Sakit. Jakarta : Menteri Kesehatan Republik Kesehatan Republik Indonesia

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Alfian Listya Nugrahaini HP. (2024). Evaluasi Kepuasan Pengguna Pendaftaran Online Melalui Website Dengan Penerapan Metode EUCS di Rs Roemani Muhammadiyah Semarang: Evaluasi Pendaftaran Online Melalui Website. Indonesian Journal of Health Information Management , 4(2). https://doi.org/10.54877/ijhim.v4i2.175

Issue

Section

Articles