an Analysis of the Relationship Satisfaction Index and Interest of Patient Re-visits at UPTD Puskesmas Menden

Analisis Hubungan Indeks Kepuasan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien di UPTD Puskesmas Menden

Authors

  • Iklas setyawan Stikes mitra husada karanganyar

DOI:

https://doi.org/10.54877/ijhim.v4i1.169

Keywords:

kepuasan pasien, indeks kepuasan pasien, minat, minat kunjungan ulang

Abstract

Pendahuluan : Kepuasan pasien adalah harapan pasien yang ditimbul sebagai akibat dari dalam upaya melakukan peningkatan kualitas mutu pelayanan kesehatan sedangkan Minat kunjungan ulang merupakan perilaku yang muncul sebagai respon terhadap objek yang menunjukkan keinginan untuk menggunakan layanan kembali dari fasilitas kesehatan dikemudian hari. Berdasarkan data awal Survei indeks kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Menden dilaksanakan pada tahun 2022 dengan indeks kepuasan sebesar 83.34% masih terdapat pasien yang tidak puas. 3 (tiga) dari 5 (lima) pengunjung menyatakan tidak minat berkunjung ulang. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Indeks Kepuasan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien di UPTD Puskesmas Menden. Metode : Jenis penelitian adalah kuantitatif melalui pendekatan observasional analitik. Menggunakan rancangan Cross Sectional dengan jumlah sampel 103 responden dengan uji Statistik Chi Square. Hasil : p-value sebesar 0.001 < nilai α (alpha) = 0.05, Maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan yang signifikan antara Indeks kepuasan dengan minat kunjungan ulang pasien di UPTD Puskesmas Menden. Saran : Perlu adanya tindak lanjut unsur pelayanan terendah waktu pelayanan, kualitas sarana prasarana dan produk pelayanan serta puskesmas dituntut mampu berinovasi terutama mengenai lintas program pengendalian penyakit kronis untuk mempermudah pelayanan serta menarik minat pasien guna pemantauan kesehatan secara berkesinambungan.

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Iklas setyawan. (2024). an Analysis of the Relationship Satisfaction Index and Interest of Patient Re-visits at UPTD Puskesmas Menden: Analisis Hubungan Indeks Kepuasan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien di UPTD Puskesmas Menden. Indonesian Journal of Health Information Management , 4(1). https://doi.org/10.54877/ijhim.v4i1.169

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 

You may also start an advanced similarity search for this article.