Literatur Review Determinan Kualitas Pelayanan Pendaftaran Terhadap Kepuasan Pasien TPPRJ Di Puskesmas Indonesia

Authors

  • Evina Widianawati Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.54877/ijhim.v3i1.100

Abstract

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama di masyarakat. Ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan berkisar 60% dari 10 pasien. Fenomena yang ditemukan antara lain keluhan pasien tentang jumlah antrian, waktu tunggu yang lama, dan kurangnya fasilitas seperti kursi di ruang tunggu pendaftaran. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan sumber data menggunakan database google Scholar. Dari 76 artikel terpilih, lima artikel memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi bukti fisik, reliabilitas, daya tanggap, jaminan, dan empati baik dengan persentase 40%-75%. Namun, beberapa Puskesmas perlu meningkatkan pelayanannya, seperti kebersihan fasilitas (bukti fisik) dan kurangnya kemampuan staf dalam melayani pasien (keandalan). Saran bagi petugas pendaftaran rawat jalan di Puskesmas hendaknya memberikan pelatihan atau seminar untuk meningkatkan kemampuannya dalam melayani pasien dan mencapai kepuasan pasien yang optimal.

Downloads

Published

2023-02-13

How to Cite

Widianawati, E. (2023). Literatur Review Determinan Kualitas Pelayanan Pendaftaran Terhadap Kepuasan Pasien TPPRJ Di Puskesmas Indonesia. Indonesian Journal of Health Information Management , 3(1). https://doi.org/10.54877/ijhim.v3i1.100

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)