LITERATURE REVIEW : PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO DI UNIT FILING

Authors

  • Vivi Anika Retno Mumpuni STIKes Mitra Husada Karanganyar
  • Sri Sugiarsi STIKes Mitra Husada Karanganyar
  • Tunjung Bayu Sinta STIKes Mitra Husada Karanganyar

DOI:

https://doi.org/10.54877/ijhim.v1i1.4

Abstract

Abstract

Risk is the possibility of unwanted or unexpected adverse effects in an activity. These risks can have a negative impact on officers who are present during activities, especially in theunit filing. There are several risks of work accidents experienced byworkers, filing such as fingers with staples attached to medical record documents,workers filing can get cough if they take or return medical record documents without wearing a mask. The purpose of the study was to determine the application of risk management in theunit filing. The research method used is Literature Review with a search strategy usingresults criteria Google Scholarwith the keywords "Risk management OR Implementation of Risk Management in theunit filing". The results of this study indicate that risk management in hospitals is carried out internally, therisk factor in theunit filing most prominentis that the officer can catch a cough if he does not use a mask, and the hand can cut the cover of the medical record document if he does not use gloves, attitude towards risk What happens in the filing unit is the creation of a work safety SOP to prevent unwanted risks. Factors that cause risk are chemical factors, biological factors, physical factors and ergonomic factors. 

Keywords : Risk Management, Application of Risk Management

 

 Abstrak

Risiko merupakan kemungkinan terjadinya akibat buruk yang tidak di inginkan atau tidak terduga dalam sebuah aktivitas. Risiko tersebut dapat menghasilkan dampak negatif bagi petugas yang ada saat aktivitas terutama di unit filing. Terdapat beberapa risiko kecelakaan kerja yang di alami oleh petugas kerja filing seperti jari yang terkena steples yang menempel pada dokumen rekam medis, petugas kerja filing dapat terkena penyakit batuk jika mengambil atau menggembalikan dokumen rekam medis tanpa menggunakan masker. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan manajemen risiko di unit filing.  Metode penelitian yang digunakan adalah Literature Review dengan strategi pencarian menggunakan kriteria hasil Google Scholar dengan kata kunci “Manajemen risiko OR Penerapan Manajemen Risiko di unit filing”. Hasil penelitian ini bahwa pengelolaan manajemen risiko di rumah sakit di lakukan secara internal, faktor risiko di unit filing yang paling menonjol adalah petugas dapat terserang batuk apabila tidak menggunakan masker, dan tangan dapat tersayat sampul dokumen rekam medis apabila tidak menggunakan sarung tangan, sikap atas risiko yang terjadi di unit filing adalah dengan di buatkanya SOP keselamatan kerja untuk mencegah terjadinya risiko yang tidak di inginkan. Faktor yang menyebabkan terjadinya risiko yaitu faktor kimia, faktor biologi, faktor fisik dan faktor ergonomi.

Kata Kunci : Manajemen Risiko, Penerapan Manajemen Risiko

Published

2021-06-21

How to Cite

Vivi Anika Retno Mumpuni, Sri Sugiarsi, & Tunjung Bayu Sinta. (2021). LITERATURE REVIEW : PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO DI UNIT FILING. Indonesian Journal of Health Information Management , 1(1), 21–28. https://doi.org/10.54877/ijhim.v1i1.4

Issue

Section

Articles