HUBUNGAN KUALITAS TEKNOLOGI DENGAN KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) DI RSU MARDI LESTARI SRAGEN

Authors

  • Syaiful Achmad Afandy Syaiful STIKes Mitra Husada Karanganyar

DOI:

https://doi.org/10.54877/ijhim.v3i3.161

Abstract

SIMRS adalah suatu sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan Rumah Sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat. Di RSU Mardi Lestri Sragen masih terdapat pengguna yang memberikan penilaian tidak puas terhadap SIMRS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas teknologi dengan kepuasan pengguna SIMRS dalam penggunaan sistem informasi manajemen rumah sakit pada RSU Mardi Lestari Sragen. Jenis rancangan penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah 140 Petugas Pengguna SIMRS. Sampel yang digunakan sebanyak 70 Petugas Pengguna SIMRS. Teknik pengambilan data dilakukan secara simple random sampling. Instrument menggunakan Kuesioner penelitian terdahulu skala likert. Teknik pengolahan menggunakan serangkaian proses editing, coding, entring, processing, cleaning dan penyajian data. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji Pearson Product Moment dengan nilai normalisasi data p = 0.000 (p <0,05) dengan hasil nilai residual tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan nilai p=0,000 (p<0,05) sehingga H0 ditolak yang berarti ada hubungan antara variabel kualitas teknologi dengan kepuasan pengguna SIMRS. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara variabel kualitas teknologi dengan kepuasan pengguna SIMRS.

References

DeLone and McLean (2003) Model of Information Systems Success. Journal of management systems. Vol 19

Depkes, R.I. (2009). Undang-Undang No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Dewi, S.W. Dkk (2019) Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Di Instalasi Rekam Medis RSUP H. Adam Malik Dengan Metode HumanOrganization Technology Fit (HOT-FIT)Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda. Vol 6 no 1

Diantono, P. Dkk. (2018) Evaluasi Penerapan SIMRS Menggunakan Metode Hot-Fit Di RSUD Dr.Soedirman Kebumen. Intensif: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi. Vol 2 no 1

Hakam, F. (2017) Rencan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

(Renstra SI-TI) Rumah Sakit. Yogyakarta. TeknosainHasanah, S. Dkk.(2022) Pengaruh Human, Organization And Technologyterhadap Manfaat Simrs Di Rsu Asy-Syifa’ Sambi. Jurnal JHIMI. Vol 1 no 2

Kadir, A. (2011) Having Fun With Computers (Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Remaja). Yogyakarta. C. V Andi Offset

Karim, A. Dkk. (2020) Pengantar Teknologi Informasi. Labuhanbatu, Gemilang

Lestari, D. F. Dkk. Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan Framework Human, Organization, And Technology-Fit (HOT-Fit) Model (Studi Pada RSI UNISMA Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol 4 no 8

Mardiyoko dan Hartini W.M (2018) Evaluasi Tingkat Kepuasan Penggunasistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan Modelend User Computing Satisfaction Di Rsudpanembahan Senopati Bantul. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Setya Medika Vol. 3

Oktaviana, E. Dkk. (2022) Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Simrs) Rsud Gambiran Kediri Menggunakan Framework Human, Organization, And Technology-Fit (Hot-Fit) Model. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Edukasi Sistem Informasi (JUST-SI). Vol 3 no 2

Olivia, T. C. Dkk. (2023) Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Di Rumah Sakit Umum Daerah Sanggau Kalimantan Barat Menggunakan Hot – Fit Model. Journal of Innovation Research and Knowledge. Vol 2 no 9

Permenkes, RI. (2013) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2013 Tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Jakarta Indonesia

_________. RI (2018) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Kewajiban Rumah Sakit Dan Kewajiban Pasien. Jakarta Indonesia

_________, RI. 2022. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis. Jakarta: Indonesia

Putra, DSH, Siswanto, M (2016) Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakitdaerah Kalisat Kabupaten Jember. Jurnal Ilmiah INOVASI, Vol. 1 No. 2

Rudiansyah. 2014. Manajemen Kepegawaian. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Salmiyati. Dkk. (2021) Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Di RS. Nurul Hasanah Aceh Tenggara. Jurnal Kesehatan dan Fisioterapi (Jurnal KeFis). Vol 3 no 1

Suryana, D. (2012) Mengenal Teknologi. CreateSpace Independent Publishing Platform

Tarwaka, PGDip.Sc.,M.Erg. (2017) : Keselamatan dan Kesehatan Kerja Manajemen dan Implementasi K3 di Tempat Kerja, Harapan Press, Surakarta

Wati, F.H (2021) Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumahsakit Dengan Menggunakan Metode Human Organization Technology (Hot) Fit https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/61150/1/HESTY%20FILDZAH%20WATI-FST.pdf

Yusof, Dkk. (2006) Towards a Framework for Health Information Systems Evaluation. Proceedings of the 39th Hawaii International conference on System

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Syaiful, S. A. A. (2023). HUBUNGAN KUALITAS TEKNOLOGI DENGAN KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) DI RSU MARDI LESTARI SRAGEN. Indonesian Journal of Health Information Management , 3(3). https://doi.org/10.54877/ijhim.v3i3.161

Issue

Section

Articles