Hubungan Kelengkapan Informasi Medis Dengan Ketepatan Pemberian Kode Diagnosis Fraktur Radius Di Rumah Sakit Santa Clara Madiun

Authors

  • MUDAYANA PRATIWI MUDAYANA STIKES MITRA HUSADA KARANGANYAR

DOI:

https://doi.org/10.54877/ijhim.v3i2.160

Abstract

Salah satu pencatatan di rumah sakit adalah rekam medis, hal penting dalam berkas rekam medis adalah ketersediaannya saat dibutuhkan dan kelengkapan pengisiannya. Di dalam rekam medis terdapat informasi medis yang digunakan sebagai informasi untuk menetapkan kode penyakit. Rumah sakit Santa Clara Madiun masih terdapat informasi medis yang tidak lengkap dan pemberian kode penyakit yang tidak tepat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan kelengkapan informasi medis dengan ketepatan pemberian kode diagnosis fraktur radius. Jenis rancangan penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh berkas rekam medis diagnosis fraktur radius pada tahun 2020, 2021, 2022. Sampel yang digunakan sebanyak 64 berkas rekam medis diagnosis fraktur radius. Teknik pengambilan data dilakukan secara total sampling. Istrumen menggunakan pedoman obsrvasi dan wawancara tidak terstruktur. Cara pengumpulan data dengan observasi dan wawancara tidak terstruktur. Teknik pengolahan menggunakan serangkaian proses editing, coding, entring, processing, dan cleaning. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji Fisher exact test. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan antara variabel kelengkapan informasi medis dengan ketepatan pemberian kode diagnosis raktur radius (p: 0,453). Simpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan kelengkapan informasi medis dengan ketepatan pemberian kode diagnosis fraktur radius.

References

Amalia, AP, dkk. 2018. Tinjauan Akurasi Kode Pasien Cedera Pada Kasus Kecelakaan Lalulintas Berdasarkan ICD 10 di RSU Muhammadiyah Ponorogo. Global Health Science, Volume 3 No. 3, September 2018.

Ari. 2022. Karakter-5 Dan External Cause Terhadap Keakuratankode Diagnosis Fraktur Berdasarkan Icd-10. Journal of Nursing and Public Health Vol. 10 No. 2.

Bagaskoro, J, dkk. 2012. Analisis Keakuratan Kode Diagnosis Fracture Femur Pada Dokumen Rekam Medis Periode Tahun 2012 di RSUD Tadar kota magelang. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia.Vol.1, No.2.

Dea, V, dkk. 2022. Hubungan Kelengkapan Laporan Operasi Pasien Dengan Keakuratan Kode Kasus Patah Tulang Di Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang. Motorik Jurnal Ilmu Kesehatan Vol, 17 No, 2.

Hatta, G. 2008. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan. Jakarta.UI press

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia 2022. Peraturan kementrian Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2022. Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia. Jakarta.

Meilany, L, dkk. 2021. Ketepatan Kode Diagnosa Kasus Fraktur Di RSUD dr. La Palaloi Maros Tahun 2021. Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Volume 1 Nomor 2.

Noor, Z. 2016. Buku ajar Gangguan Muskuloskeletal. Salemba medika. Jakarta selatan.

Pujihastuti, A & Sudra, RI. 2014. Hubungan Kelengkapan Informasi Dengan Keakuratan Kode Diagnosis Dan Tindakan Pada Dokumen Rekam Medis Rawat Inap. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia. Volume 2 Nomor 2.

Rahayu, YAD, dkk. 2016. Kelengkapan Informasi Penunjang Dalam Penentuan Keakuratan Kode Diagnosis Fracture Humerus Pasien Rawat Inap Di Rsud Dr. Moewardi. Ejurnal.stikesmhk.

Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 153. Sekertariat Negara RI. Jakarta.

Utami, YT & Rosmalina, N, (2019). Hubungan Kelengkapan Informasi Medis Dengan Keakuratan Kode Tuberculosis Paru Berdasarkan Icd-10 Pada Dokumen Rekam Medis Rawat Inap Di Bbkpm Surakarta. Prosiding call for paper SMIKNAS. Surakarta: Universitas Duta Bangsa Surakarta.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

MUDAYANA, M. P. (2023). Hubungan Kelengkapan Informasi Medis Dengan Ketepatan Pemberian Kode Diagnosis Fraktur Radius Di Rumah Sakit Santa Clara Madiun. Indonesian Journal of Health Information Management , 3(2). https://doi.org/10.54877/ijhim.v3i2.160

Issue

Section

Articles