https://ijhim.stikesmhk.ac.id/index.php/ojsdata/issue/feed Indonesian Journal of Health Information Management 2022-08-18T15:17:12+00:00 Rohmadi rohmadi@stikesmhk.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Indonesian Journal of Health Information Management (IJHIM)</strong> is a scientific journal managed by Study Program of Health Information Management Applied Bachelor and Diploma 3 of Medical Record and Health Information, STIKes Mitra Husada Karanganyar. IJHIM contains research publication in medical record, health information management, health information technology, health information system, health quality management, hospital statistic, and coding. The frequency of IJHIM publication is three times in a year (February, June, and November).</p> <p>For further information, please contact the IJHIM management via email <strong>jurnalijhim@gmail.com<br /><br />ISSN. <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit?search=2807-2596" target="_blank" rel="noopener">2807-2596</a> (Online)</strong></p> <p> </p> <p> </p> https://ijhim.stikesmhk.ac.id/index.php/ojsdata/article/view/70 Peran Whatsapp Group dalam Peningkatan Perilaku Pencegahan Covid-19 2022-05-15T09:01:19+00:00 Prita Devy Igiany pritadevyigiany90@gmail.com <p>Pandemi yang berkepanjangan dan masif nya penyebaran Covid-19 menjadikan masyarakat sadar akan pentingnya mengikuti perkembangan informasi pencegahan Covid-19. <em>WhatsApp Group</em> merupakan salah satu cara media komunikasi massal dan menjadi komponen mendasar dari banyak strategi promosi kesehatan yang dirancang untuk mengubah perilaku resiko kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh paparan informasi Covid-19 melalui <em>WhatsApp Group</em> terhadap perilaku preventif penyebaran Covid-19.&nbsp; Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental dengan rancangan <em>one group pretest-posttest design</em>.&nbsp; Adapun sampel pada penelitian ini diambil dengan kuota sampling yaitu sebanyak 96 responden. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah perilaku preventif Covid-19, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah penyebaran informasi melalui <em>WhatsApp Group</em>. Analisis yang digunakan oleh peneliti untuk mengetahui hasil penelitian ini adalah uji T dependen, karena penelitian ini merupakan penelitian komparatif yang akan melihat bagaimana perbedaan variabel terikat sebelum dan sesudah adanya intervensi.&nbsp; Adapun hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan perilaku preventif penyebaran Covid-19 yang signifikan antara&nbsp; sebelum dan sesudah pemberian&nbsp; informasi mengenai Covid-19 melalui <em>WhatsApp Group</em>. Hal ini menunjukkan bahwa <em>WhatsApp Group</em> dapat digunakan menjadi sebuah media penyampaian informasi kesehatan kepada masyarakat untuk mempermudah penerimaan informasi, mengingat <em>WhatsApp Group</em> &nbsp;merupakan media sosial yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari di era digital.</p> 2022-06-07T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Health Information Management https://ijhim.stikesmhk.ac.id/index.php/ojsdata/article/view/38 LITERATURE REVIEW ANALISIS FAKTOR KEBERHASILAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT DENGAN METODE HOT-FIT 2022-01-21T00:56:05+00:00 Maisaroh Roaini, Rohmadi rohma_di@yahoo.co.id <p>Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) merupakan suatu sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan Rumah Sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi SIMRS. Metode penelitian ini menggunakan metode <em>literature review</em>. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti terdahulu. Hasil penelitian menyebutkan bahwa faktor yang mempengaruhi implementasi SIMRS berdasarkan faktor manusia adalah kepuasan pengguna (<em>user satisfaction</em>) dan penggunaan sistem (<em>system use</em>). Faktor organisasi adalah struktur organisasi, lingkungan organisasi (<em>Environment</em>), dukungan pimpinan, manajemen proyek , dan kondisi fasilitas. Faktor teknologi adalah kualitas sistem (<em>System Quality</em>), kualitas informasi (<em>Information Quality</em>), kualitas layanan (<em>Service Quality</em>) dan&nbsp; vendor support. Upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan implemetasi SIMRS yaitu pelatihan penggunaan sistem, meningkatkan infrastruktur pendukung SIMRS, evaluasi SIMRS dan peningkatan kualitas teknologi sehingga dapat memberikan hasil yang lebih baik serta berhasil mengimplementasikan SIMRS dengan baik dan benar.</p> <p><strong>Kata kunci &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; : Implementasi SIMRS, Faktor Keberhasilan, Metode HOT-Fit</strong></p> 2022-06-07T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Health Information Management https://ijhim.stikesmhk.ac.id/index.php/ojsdata/article/view/67 Hubungan Karakteristik Karyawan dengan Kinerja di Unit Rekam Medis 2022-05-11T14:01:21+00:00 Rachmad Hidayat rachmadazrairohani@gmail.com Nauri Anggita Temesvari nauri@esaunggul.ac.id <p>Kinerja suatu organisasi bergantung pada kinerja dari sumber daya manusianya. Karakteristik tiap karyawan mempengaruhi kinerja yang dihasilkan, termasuk dalam pelayanan di unit rekam medis. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan karakteristik karyawan dengan kinerja di Unit Rekam Medis di RSUD Tengku Rafi’an Kabupaten Siak. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif analitik dengan desain penelitian potong lintang. Penelitian ini dilakukkan di Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafi’an Kabupaten Siak Riau. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan di unit rekam medis. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil seluruh populasi sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 49 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah uji <em>chi square.</em> Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas karyawan memiliki kinerja kurang. Analisis bivariat menunjukkan tidak terdapat hubungan antara usia dengan kinerja karyawan di Unit Rekam Medis di RSUD Tengku Rafi’an Kabupaten Siak <em>(p value=0,414).</em> Terdapat hubungan antara status pegawai <em>(p-value=0,026)</em>, tingkat pendidikan <em>(p-value=0,007)</em>, dan pengalaman kerja <em>(p-value=0,012)</em> dengan kinerja sumber karyawan di Unit Rekam Medis di RSUD Tengku Rafi’an Kabupaten Siak.</p> 2022-06-07T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Health Information Management https://ijhim.stikesmhk.ac.id/index.php/ojsdata/article/view/64 Analisis Kuantitatif Kelengkapan Formulir Pengkajian Medis Awal Dokter Pada RM Pasien Rawat Inap Di RS Vertikal Jakarta Timur 2022-03-16T12:30:24+00:00 Sarah Khonsa sarahkhonsaa31@gmail.com Lily Widjaja lily.widjaja@esaunggul.ac.id Muniroh Muniroh muniroh@esaunggul.ac.id Puteri Fannya puteri.fannya@esaunggul.ac.id Yenni Syafitri Yennisya1806@gmail.com <p>Rekam medis wajib dibuat oleh rumah sakit dan diisi lengkap dan jelas baik secara tertulis maupun elektronik.&nbsp; Formulir pengkajian medis awal dokter pasien rawat inap merupakan isi dari bagian rekam medis. Di RS Vertikal Jakarta Timur, pengisian formulir pengkajian medis awal dokter pasien rawat inap masih belum lengkap sehingga nilai gunanya menjadi kurang maksimal. Data yang dianalisis adalah formulir pengkajian medis awal dokter rm pasien rawat inap bulan desember 2020. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi SPO pengisian pengkajian medis awal dokter pasien rawat inap, menghitung kelengkapan pendokumentasian lembar pengkajian medis awal dokter pasien rawat inap berdasarkan analisis kuantitatif, mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat kelengkapan pengkajian medis awal dokter pasien rawat inap.&nbsp; Analisis kuantitatif merupakan melihat keseluruhan isi dari rekam medis untuk mengidentifikasi terjadinya kekurangan. Penelitian menggunakan metode secara deskriptif kuantitatif dan pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian SPO pengisian pengkajian medis awal dokter pasien rawat inap sudah ada. Hasil analisis kuantitatif terhadap 90 formulir pengkajian medis awal dokter pasien rawat inap didapat rata-rata kelengkapan sebesar 81%. Faktor penyebab ketidaklengkapan pengisian formulir pengkajian medis awal dokter pasien rawat inap adalah kurangnya tingkat kepatuhan dokter dalam mengisi formulir pengkajian medis awal rawat inap, sehingga banyak formulir tidak terisi secara lengkap. Oleh karena itu, disarankan agar meningkatkan sosialisasi SPO pengisian formulir pengkajian medis awal dokter rawat secara lengkap terutama kepada dokter dan tenaga kesehatan terkait.</p> 2022-06-07T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Health Information Management https://ijhim.stikesmhk.ac.id/index.php/ojsdata/article/view/59 Literature Review Desain Formulir Rekam Medis Di FASYANKES 2022-03-16T13:03:53+00:00 Fatkur Ridho fatkurridho327@gmail.com Wiwik Viatiningsih wiwik.viatiningsih@esaunggul.ac.id Deasy Rosmala Dewi deasy.rosmala@esaunggul.ac.id Noor Yulia noor.yulia@esaunggul.ac.id <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Desain formulir merupakan suatu kegiatan yang bertujuan melakukan proses perancangan formulir menggunakankreativitas seseorang untuk menghasilkan fungsi dan nilai keindahan pada formulir. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesesuaian desain formulir rekam medis berdasarkan aspek anatomi, aspek isi, serta aspek fisik yang terdapat pada desain formulir rekam medis di fasilitas pelayanan kesehatan dengan menggunakan metode <em>literature review </em>terhadap 10 jurnal. Hasil dari penelitian ini ditinjau dari aspek anatomi pada komponen <em>heading</em> dengan sub komponen tanggal penerbitan semua jurnaltidak memiliki tanggal penerbitan, sedangkan pada komponen <em>body</em> dengan sub komponen <em>type style </em>dan cara pencatatan semua jurnal memiliki <em>type style </em>dan cara pencatatan yang sesuai serta pada komponen <em>introduction, instruction, </em>dan<em> closing </em>terdapat jurnal yang sesuai dan tidak sesuai dengan prinsip desain formulir. Ditinjau dari aspek fisik pada komponen tinta semua jurnal memiliki tinta yang sesuai sedangkan pada komponen warna, bahan, dan ukuran terdapat jurnal yang sesuai dan tidak sesuai dengan prinsip desain formulir. Ditinjau dari aspek isi pada komponen kelengkapan butir atau item formulir dan terminologi data terdapat jurnal yang sesuai dan tidak sesuai dengan prinsip desain formulir.</p> <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p><em>Form design is an activity that aims to carry out the form design process using one's creativity to produce the function and aesthetic value of the form. This study was conducted to determine the suitability of the mediscal record form design based on anatomical aspects, content aspects, and physical aspects contained in the mediscal record form design in health care facilities using the literature review method of 10 journals. The results of this study are viewed from the anatomical aspect of the heading component with the publishing date sub-component, all journals do not have a publication date, while the body component with the style type sub-component and the recording method of all journals has the style type and the appropriate recording method and the introduction component instruction, and closing there are journals that are appropriate and not in accordance with the principles of form design. Judging from the physical aspect of the ink component, all journals have the appropriate ink while on the color, material, and size components there are journals that are appropriate and not in accordance with the principles of form design. Judging from the content aspect of the component of completeness of items or form items and data terminology, there </em><em>are journals that are appropriate and not in accordance with the principles of form design. </em></p> 2022-06-07T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Health Information Management https://ijhim.stikesmhk.ac.id/index.php/ojsdata/article/view/71 Analisis Unsur Manajemen Penyebab Terjadinya Misfile Berkas Rekam Medis Rawat Jalan Di Puskesmas Nguter 2022-06-09T21:36:43+00:00 Yul Asriati yulasriati66@gmail.com <p><em>Misfile</em> merupakan berkas rekam medis yang hilang dan salah letak pada rak penyimpanan berkas rekam medis di ruang filing. Berkas rekam medis dikatakan salah letak atau hilang (<em>misfile</em>) apabila berkas tersebut dibutuhkan akan tetapi pada rak penyimpanan berkas tersebut tidak tersedia atau tidak ada. Puskesmas Nguter masih sering terjadi kesalahan letak atau <em>misfile </em>yang disebabkan oleh petugas rekam medis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya <em>misfile</em> berkas rekam medis rawat jalan melalui unsur – unsur manajemen di Puskesmas Nguter. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu 4 orang petugas rekam medis, objeknya adalah berkas rekam medis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Instrument Penelitian menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil Penelitian disimpulkan bahwa unsur manajmen <em>man </em>yang menyebabkan <em>misfile</em> yaitu petugas rekam yang mengikuti pelatihan hanya perwakilan saja, petugas tidak teliti dalam mencari berkas serta beban kerja rekam medis.<em> money</em> tidak ada anggaran khusus, anggaran pertahun hanya untuk pengadaan map. <em>material</em> berkas rekam medis masih ada yang tidak diberikan map tidak ada penggunaan kode warna. <em>machine</em> penggunaan<em> tracer </em>sudah efektif hanyan saja<em> tracer </em>yang digunakan masih terbilang tipis mudah sobek dan tertekuk dan buku ekspedisi tapi buku ekspedisi digunakan jika ada petugas nakes lainnya yang akan meminjam berkas rekam medis tidak digunakan untuk keperluan pelayanan. <em>method </em>sistem penomoran yang digunakan adalah <em>unit numbering system</em> Sistem penjajaran yang digunakan adalah <em>straight numbering </em><em>system. Market </em>atau tempat berkas rekam medis dimana menggunakan sistem penyimpanan <em>desentralisasi</em> selain itu kondisi rak yang penuh dengan berkas rekam medis dan dokumen rekam medis tidak ada di bagian rak <em>filing</em>. <em>Minute </em>waktu yang dipergunakan dalam pencarian berkas rekam medis di bagian<em> filing</em> sudah sesuai dengan SOP yang berlaku,<em> Information </em>mengenai pengelolahan penyimpanan rekam medis belum merata ke petugas yang lain dikarenakan hanya perwakilan petugas yang ikut pelatihan. Selain itu yang mengikuti pelatihan tidak langsung dilakukan sosialisasi kepada teman – teman yang lain dengan segera.&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>unsur manajemen, penyebab <em>misfile</em><em>,</em> berkas rekam medis</p> 2022-06-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Health Information Management https://ijhim.stikesmhk.ac.id/index.php/ojsdata/article/view/43 Analisis Pengelolaan Sumber Daya Unit Rekam Medis Guna Meningkatkan Efisiensi Dan Efektivitas Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Siti Aminah Bumiayu 2022-03-16T12:28:26+00:00 Harry Fauzi fauziharry@gmail.com <p>Unit rekam medis memerlukan beberapa aspek yang mendukung agar dapat dikategorikan bermutu, diantaranya faktor sumber daya manusia, sarana dan prasarana. Sumber daya manusia yang kompeten, sarana dan prasarana yang sesuai standar dapat meningkatkan pelayanan di suatu rumah sakit menjadi Efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini menganalisis sumber daya apa saja yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektiftivitas pelayanan dalam unit rekam medis di Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Siti Aminah Bumiayu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Ruang unit rekam medis Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Siti Aminah Bumiayu menjadi subjek. Variabel penelitian adalah bagian pengarsipan, bagian pelaporan, bagian kepala rekam medis, perekam medis, tata letak ruang unit rekam medis, tata letak ruang urusan pengarsipan, tata letak ruang urusan pelaporan, tata letak ruang urusan kepala rekam medis dan beban kerja. Hasil penelitian menunjukan kendala pada tingkat kompetensi sumber daya manusia di unit rekam medis, beban kerja tenaga rekam medis di rumah sakit masih tinggi, sarana dan prasarana yang berkaitan dengan unit rekam medis kurang serta masih ada beberapa yang belum terpakai sesuai fungsinya. Kesimpulan sumber daya unit rekam medis yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Siti Aminah Bumiayu adalah penambahan sumber daya manusia yang sesuai dengan kompetensi unit rekam medis, menghitung beban kerja, serta perlu peningkatan sarana prasarana seperti lift untuk kemudahan dan kecepatan akses ke unit rekam medis.<br>Kata kunci: efektif, efisien, unit rekam medis</p> 2022-06-07T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Health Information Management https://ijhim.stikesmhk.ac.id/index.php/ojsdata/article/view/68 Analisis Trend Kunjungan Pasien Rawat Inap Penyakit Ginjal Kronis Stadium 5 di Rumah Sakit Gatoel Mojokerto Tahun 2019-2021 2022-05-11T13:56:11+00:00 Forman Novrindo Sidjabat sidjabat.fn@iik.ac.id Reni Alif Fahjaria renii.fajar@gmail.com <p>Penyakit ginjal kronis (PGK) merupakan penyakit tidak menular yang menjadi masalah kesehatan dengan prevalens dan insiden yang meningkat, prognosis yang buruk, dan biaya yang tinggi. Tujuan penelitian ini mengetahui tatakelola pengelolaan data dan <em>trend</em> kunjungan pasien rawat inap PGK stadium 5 di Rumah Sakit Gatoel Mojokerto tahun 2019-2021. Merupakan penelitian deskriptif dan teknik pengambilan sampel total sampling dengan populasi seluruh pasien PGK stadium 5 yang terdata rawat inap tahun 2019-2021 di Rumah Sakit Gatoel Mojokerto. Sampel penelitian ini yaitu pasien PGK stadium 5 pada tahun 2019-2021 sebanyak 2.756 pasien. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan data disajikan dalam bentuk grafik dan tabel. Hasil penelitian didapatkan <em>trend</em> kunjungan pasien PGK stadium 5 berdasarkan kelompok umur, jenis kelamin, status keluar rumah sakit, dan <em>Length of stay </em>(LOS) mengalami penurunan. Diharapkan tenaga kesehatan Rumah Sakit Gatoel Mojokerto melakukan promosi kesehatan kepada paaien untuk menerapkan pola hidup yang sehat seperti menghindari perilaku merokok dan banyak minum air putih sehingga dapat membantu menurunkan angka morbiditas PGK stadium 5.</p> 2022-06-07T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Health Information Management https://ijhim.stikesmhk.ac.id/index.php/ojsdata/article/view/65 Analisis Komunikasi Efektif Petugas Kesehatan Dalam Peningkatan Kepuasan Pelayanan Kesehatan Indonesia 2022-03-16T12:42:12+00:00 Anis Ansyori anisansyori@itsk-soepraoen.ac.id <p>Kualitas pelayanan mensyaratkan bagi suatu intansi/organisasi agar mampu melakukan penyajian pelayanan secara maksimal kepada konsumen dengan tujuan supaya konsumen memperoleh kepuasan dan pada akhirnya menjadi pelanggan yang setia. Untuk memastikan kepuasan dan keselamatan pasien tersebut, maka komunikasi yang efektif harus ditekankan dalam semua program kesehatan dan diterapkan pada seluruh lini petugas yang bekerja di instansi kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis komunikasi efektik petugas kesehatan profesional dalam peningkatan pelayanan kesehatan di Indonesia. Jenis pelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode tinjauan literatur (literature review). Penelitian ini dilakukan dengan melakukan analisis terhadap 15 artikel jurnal peer-review yang diterbitkan antara tahun 2017-2021 mengenai komunikasi efektif petugas kesehatan profesional dalam peningkatan pelayanan kesehatan di Indonesia. Hasil temuan penelitian menunjukkan promosi kesehatan, hubungan interpersonal, komunikasi terapeutik denngan menitikberatkan pada faktor psikologis dengan pemanfaatan teknologi merupakan cara komunikasi efektif yang dapat digunakan dalam peningkatan kepuasan pelayanan kesehatan Indonesia.</p> 2022-06-07T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Health Information Management https://ijhim.stikesmhk.ac.id/index.php/ojsdata/article/view/62 Inactive Medical Record Governance at St. Carolus Hospital Jakarta 2022-03-02T14:26:45+00:00 Yasinta Rosalia Menna yasinta20180306006@gmail.com Lily Widjaja lily.widjaja@esaunggul.ac.id Muniroh Muniroh muniroh@esaunggul.ac.id Daniel Happy Putra daniel.putra@esaunggul.ac.id <p><em>Medical record depreciation is an activity of reducing archives from storage shelves by moving inactivated medical records archives from active shelves to inactivated shelves according to the year of visit. Preliminary observation results show the process of media transfer in the medical record unit has not reached the target of a minimum number of 50 medical records per day. This research aims to find out the governance of inactivated medical records at St. Carolus Hospital Jakarta. The research methodology used is a descriptive method. It can be concluded that the standard operating procedure for shrinking medical records in St. Carolus Jakarta already exists but is not complete because the depreciation stage related to transfer, value assessment, media transfer has not been listed in the standard operating procedure. The medical records unit has carried out the depreciation process with the male medical record officer as its executor but the implementation is not based on the assessment of the value for medical records due to the absence of an assessment team. The constraint factors in the medical record unit are related to the man, money, material, method, and machine.</em></p> 2022-06-07T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Health Information Management https://ijhim.stikesmhk.ac.id/index.php/ojsdata/article/view/73 HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM JATI HUSADA KARANGANYAR 2022-08-18T15:17:12+00:00 Afifah Novia Primastuti viaafifah17@gmail.com Sri Sugiarsi sri.sugiarsi7@gmail.com Sri Mulyono srimulyonostikes@gmail.com <p>Berdasarkan studi pendahuluan terhadap 30 orang pasien tentang mutu pelayanan pendaftaran dan kepuasan pasien, menunjukkan bahwa responden yang menyatakan mutu baik sebanyak 26 (86,7%) dan mutu kurang baik sebanyak 4 (13,3%). Sedangkan responden yang menyatakan puas sebanyak 23 (76,7%) dan kurang puas sebanyak 7 (23,3%). Tujuan penelitian Mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien pada pelayanan pendaftaran rawat jalan di Rumah Sakit Umum Jati Husada Karanganyar. Jenis penelitian ini observasional analitik dengan pendekatan <em>cross sectional</em>. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner tertutup. Cara pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Teknik pengolahan ini menggunakan <em>editing, </em><em>scoring, coding, entry, cleaning, tabulating</em>. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien pada pelayanan pendaftaran rawat jalan dengan nilai <em>p </em>value sebesar 0,001 lebih kecil dibandingkan dengan <em>α</em> sebesar 0,05. Simpulan dari hasil penelitian bahwa mutu pelayanan dengan kepuasan pasien pada pelayanan pendaftaran rawat jalan memiliki hubungan yang signifikan. Rumah sakit disarankan terus meningkatkan mutu pelayanan, terutama aspek <em>reliability </em>agar pasien merasa puas dengan pelayanan yang cepat dan tepat yang diberikan oleh petugas</p> 2022-06-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Health Information Management https://ijhim.stikesmhk.ac.id/index.php/ojsdata/article/view/51 Perancangan Sistem Informasi E-Pasien Berbasis Website Pada Praktek Dokter Umum Dengan Metode Pieces 2022-03-16T12:47:16+00:00 Septa Malan Vergantana I Wayan vergantanasepta@gmail.com <p>E-pasien adalah aplikasi untuk pencatatan pasien berbasis <em>website</em> pada praktek dokter umum untuk memudahkan dokter dalam membaca maupun pencarian data pasien yang pernah melakukan pemeriksaan pada paraktek dokter tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah Perancangan Sistem Informasi E-Pasien Berbasis Web Pada Praktik Dokter Umum Dengan Metode PIECES. Kedepannya dapat mempermudah tempat praktik dr. Dediyana untuk mengelola data pasien, dimulai dari rekam medis diagnosa dan data pribadi pasien yang berobat pada fasilitas dan sarana kesehatan yang disediakan. penelitian ini adalah penelitian berbasis website dengan bahasa pemrograman PHP, Apache, dan My SQL sebagai perangkat lunak untuk membuat sebuah pemrograman berbasis website. Menghasilkan suatu sistem informasi rekam medis pasien yang dapat menjadi alat bantu praktek dokter umum dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pelaksanaan pencatatan dan pencarian riwayat pasien yang berobat serta menampilkan informasi aktual berupa laporan rekam data medis pasien yang tepat dan akurat.</p> 2022-06-07T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Health Information Management