Analisis Komunikasi Efektif Petugas Kesehatan Dalam Peningkatan Kepuasan Pelayanan Kesehatan Indonesia

Authors

  • Anis Ansyori ITSK RS dr Soepraoen Malang

DOI:

https://doi.org/10.54877/ijhim.v2i2.65

Keywords:

Instansi kesehatan, komunikasi efektif, petugas kesehatan

Abstract

Kualitas pelayanan mensyaratkan bagi suatu intansi/organisasi agar mampu melakukan penyajian pelayanan secara maksimal kepada konsumen dengan tujuan supaya konsumen memperoleh kepuasan dan pada akhirnya menjadi pelanggan yang setia. Untuk memastikan kepuasan dan keselamatan pasien tersebut, maka komunikasi yang efektif harus ditekankan dalam semua program kesehatan dan diterapkan pada seluruh lini petugas yang bekerja di instansi kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis komunikasi efektik petugas kesehatan profesional dalam peningkatan pelayanan kesehatan di Indonesia. Jenis pelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode tinjauan literatur (literature review). Penelitian ini dilakukan dengan melakukan analisis terhadap 15 artikel jurnal peer-review yang diterbitkan antara tahun 2017-2021 mengenai komunikasi efektif petugas kesehatan profesional dalam peningkatan pelayanan kesehatan di Indonesia. Hasil temuan penelitian menunjukkan promosi kesehatan, hubungan interpersonal, komunikasi terapeutik denngan menitikberatkan pada faktor psikologis dengan pemanfaatan teknologi merupakan cara komunikasi efektif yang dapat digunakan dalam peningkatan kepuasan pelayanan kesehatan Indonesia.

Downloads

Published

2022-06-07

How to Cite

Ansyori, A. (2022). Analisis Komunikasi Efektif Petugas Kesehatan Dalam Peningkatan Kepuasan Pelayanan Kesehatan Indonesia. Indonesian Journal of Health Information Management , 2(2). https://doi.org/10.54877/ijhim.v2i2.65

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.